Kategori
Wisata

Ini 5 Oleh-Oleh yang Wajib Wisatawan Bawa Pulang dari Flores Timur

Seperti diketahui, kabupaten paling timur di daratan Pulau Flores ini mempunyai banyak destinasi wisata yang patut dikunjungi para wisatawan dalam dan luar negeri. Keindahan bahari, panorama bentang perbukitan, dan wisata tradisi dan juga rohani tersaji di kabupaten paling timur di Pulau Flores ini.

Salah satu toko atau pusat belanja oleh-oleh yang bisa wisatawan kunjungi di Larantuka, ibu kota Flores Timur, adalah Nagi Karunia Jaya. Pusat oleh-oleh khas Flores Timur yang terletak di Jalan San Juan, Larantuka, ini sediakan panganan, minuman dan tenun khas berasal dari daerah ini.

Baca Juga Jelajah Sinyal: Lopo Kopi dan Upaya Pasarkan Kopi Flores Berkualitas
“Oleh–oleh yang kita jual di sini tersedia Jagung Titi, Emping Jagung, olahan Sorgum jadi berasal dari tepung Sorgum dan biskuit Sorgum, Kacang Mete, Kopi, Madu, Kain Tenun, dan sebagian product makanan olahan berasal dari UKM di Flores Timur,” ujar Natalia, pemilik Nagi Karunia Jaya, kepada tim Jelajah Sinyal berasal dari Bisnis Indonesia, Selasa (8/11/2022).

Pusat oleh-oleh yang berdiri sejak 2015 ini menghimpun seluruh makanan dan product khas Flores Timur supaya wisatawan tidak perlu berkeliling untuk mendapatkannya.

Apalagi, hampir setiap th. Larantuka ramai dikunjungi oleh wisatawan yang menghendaki ikuti prosesi Semana Santa. Prosesi yang digelar setiap pekan Paskah menjadi tidak benar satu daya tarik Larantuka, Ibu Kota Flores Timur, bagi umat beragama Katolik.

Baca Juga Jelajah Sinyal: Kaum Muda Jadi Tumpuan Digitalisasi Ekonomi Kerakyaatan lembagaantidopingindonesia.org
“Kami coba untuk menghimpun seluruh product khas berasal dari Flores Timur di sini,” mengerti Natalia.

Berikut ini sejumlah oleh-oleh yang patut Anda bawa pulang kala datang ke Flores Timur:

1. Jagung Titi
Buah tangan pertama yang perlu Anda bawa sehabis singgah ke Larantuka, Flores Timur, adalah Jagung Titi. Panganan ini diolah berasal dari biji jagung yang digoreng sampai setengah matang sebelum akan ditumbuk (dititi) di atas batu sampai rata.

Jagung Titi merupakan panganan perlu untuk sejumlah seremoni kebiasaan di Suku Lamaholot yang mendiami Larantuka dan Solor, dan juga penduduk di Adonara dan lebih-lebih Kabupaten Lembata yang tersedia di sisi timur Kabupaten Flores Timur.

Flores TimurFlores TimurPerbesar

Jagung Titi, tidak benar satu camilan di toko Nagi Karunia Jaya Ole Ole di Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Selasa (8/11/2022)/JIBI/Bisnis/Suselo Jati

2. Sorgum
Sorgum merupakan tidak benar satu makanan pokok yang dikonsumsi oleh penduduk di Flores sebelum akan program pemerintah mendorong budidaya padi dan konsumsi nasi. Sorgum merupakan sumber pangan, pakan ternak dan bahan baku industri yang dikonsumsi tak sekedar gandum, jagung, padi, dan jelai.

Selain menjadi substitusi makanan pokok, lebih-lebih nasi, Sorgum terhitung bisa diolah untuk beragam makanan, terhitung biskuit. Sorgum disebut mempunyai kandungan lebih banyak nutrisi dibandingkan sejumlah makanan pokok lainnya.

3. Kacang Mete
Kabupaten Flores Timur dikenal sebagai tidak benar satu daerah bersama komoditas Kacang Mete berkwalitas terbaik. Kacang Mete berasal dari Flores Timur dikenal bersama mutu rasa yang berlainan dan unik.

4. Kopi
Sama layaknya sejumlah kabupaten lain di Pulau Flores, Flores Timur terhitung mempunyai komoditas kopi bersama mutu dan rasa yang boleh diadu. Salah satu biji kopi yang patut dicicipi oleh wisatawan adalah hasil perkebunan di Desa Leworok.

Flores TimurFlores TimurPerbesar

Tepung Sorgum tidak benar satu oleh-oleh khas Flores Timur yang dijual di toko Nagi Karunia Jaya Ole Ole di Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Selasa (8/11/2022)/JIBI/Bisnis/Suselo Jati

5. Tenun Ikat
Flores Timur terhitung mempunyai kerajinan tenun kuncir bersama motif khas yang beragam ragam. Natalia menyatakan bahwa setidaknya tersedia 12 motif tenun kuncir yang tersedia di daerah Flores Timur.

Kerajinan tangan itu dibikin oleh tangan trampil dan andal para penenun berasal dari beragam desa di Flores Timur. Produk kerajinan itu terhitung dikreasikan dalam beragam wujud, jadi berasal dari sarung sampai selendang.

“Kisaran harganya terhitung berlainan jadi berasal dari selendang sampai kain sarung aku bandrol bersama harga Rp90.000 sampai Rp3,5 juta,” jelasnya.

error: Content is protected !!