Kategori
Uncategorized

Makanan Khas Jambi, Layak untuk Liburan Kuliner

Jambi sekarang kian menarik untuk dikunjungi karena pemerintah setempat terus memaksimalkan daerah wisata. Provinsi yang berbatasan dengan Riau dan Sumatera Selatan ini mempunyai beragam daerah wisata alam dan sejarah yang menarik.

Tidak lengkap rasanya seandainya berlibur tanpa mencicipi makanan khas Jambi. Apa saja makanan khas Jambi yang sepatutnya masuk dalam daftar wisata masakan? Berikut daftarnya: 1. Tempoyak Tempoyak yaitu spaceman makanan khas Jambi yang populer bagi masyarakat sekitar. Makanan ini berasal dari fermentasi buah duren. Umumnya tempoyak disampaikan bersama nasi putih. Selain itu, tempoyak juga diwujudkan sebagai bumbu masakan oleh orang Jambi. Ditambahkan ke dalam sambel atau gulai, akan membuat masakan kian lezat. Oleh karena itu, tempoyak yaitu salah satu variasi makanan khas Jambi yang sepatutnya dicoba. Selain di Jambi, tempoyak juga terkenal di Riau dan Sumatera Selatan.

2. Daging masak itam Makanan khas Jambi satu ini yaitu olahan daging sebagai lauk. Daging masak itam mempunyai rasa manis dan gurih serta berkuah hitam pekat. Sekilas hindangan ini mirip dengan semur, melainkan daging masak itam kuahnya lebih kental diperbandingkan semur. Daging diolah hingga bumbu meresap dan bertekstur empuk. Daging masak itam dapat jadi alternatif wisata masakan bagi penyuka daging.

3. Gulai tepek ikan

Gulai tepek ikan yaitu makanan khas Jambi berbahan dasar ikan yang dimasak dengan bumbu gulai. Umumnya ikan yang dipakai yaitu ikan gabus atau ikan tenggiri. Mungkin kamu membayangkan tampilan makanan ini yaitu seperti gulai ikan pada umunya, yaitu ikan yang lantas dimasak dengan bumbu gulai. Hidangan ini berbeda, sebelum dimasak dengan bumbu gulai, ikan terutamanya dahulu diolah dengan adonan tepung sagu dan bawang putih mirip seperti pempek.

error: Content is protected !!