Kategori
Uncategorized

Wow! Karanganyar Punya Liburan Berkuda, Ini Letaknya

Derap langkah kuda terdengar di arena berkuda atau stable yang baru saja diresmikan di Kampung Liburan Barokah, Pakel, Karangpandan, Karanganyar Sabtu (22/8/2020). Ketika itu beberapa penunggang kuda tengah mempertunjukan equestrian atau atraksi keselarasan dengan kuda mereka yang diukur oleh juri. Ketika itu, pembukaan memang beriringan dengan laga Pakel Equestrian Cup.

Para peserta laga dari pelbagai tempat tersebut kelihatan beratraksi seperti menari dengan kuda. Sedangkan beberapa penonton kelihatan mendokumentasikan pertunjukan tersebut dan beberapa tim lainnya tengah mempersiapkan kuda mereka di sebelah arena. Kecuali itu, beberapa si kecil-si kecil tengah sibuk bermain dengan kuda poni yang berada di dekat kandang.

Kampung Liburan Barokah memang sudah lama berdiri di Karangpandan. Tapi, arena berkuda baru kali ini dibuka sebagai penambah tenaga tarik slot spaceman pengunjung yang berminat dengan olahraga yang diketahui untuk kalangan menengah ke atas tersebut. Pengelola berniat supaya olahraga berkuda menjadi olahraga yang memasyarakat di Karanganyar.

Pengelola Kampung Liburan Barokah, Heri Suyadi, menjelaskan kecuali liburan bahasa juga terdapat tempat terapi dan camping ground. Tahun ini pihaknya merintis liburan berkuda untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin menyalurkan hobi berkuda mereka. Pihaknya ingin membuat olahraga berkuda sebagai olahraga yang memasyarakat di Karanganyar.

“Olahraga berkuda kan memang diketahui untuk menengah ke atas. Tapi ini sunah Rasul juga. Jadi kami memang berniat supaya berkuda ini bisa dijangkau oleh masyarakat dengan menghadirkannya di sini,” beber ia.

Memenuhi Standar
Manajer Kancah Berkuda, Cahyo Sigit, menjelaskan arena berkuda di Pakel sudah memenuhi standar turnamen. Pihaknya juga sedang merencanakan untuk membuat program-program berkuda untuk menarik ketertarikan pengunjung.

Ini sementara hanya untuk latihan berkuda yang konsentrasi di equestrian. Kami ada pelatih dari pakar berkuda untuk pengunjung. Kami punya beberapa program berkuda, si kecil-si kecil juga bisa bermain dengan kuda poni yang ada di sini,” ucap ia.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga, (Disparpora) Karanganyar, Titis Sri Jawoto, menjelaskan di Soloraya, arena berkuda terlengkap ada di Pakel dengan menawarkan pelbagai program. Dia menyokong adanya pandangan baru memasyarakatkan olahraga berkuda di Karanganyar layaknya sport tourism lainnya.

error: Content is protected !!